Layanan Teknologi Informasi UGM

Bywidyawan

Layanan Teknologi Informasi UGM

Sejak berubah kelembagaan 2012, layanan PSDI (dulu PPTIK) bertambah ragamnya. Tadinya tanggung jawab utamanya memberikan layanan Internet dan aplikasi TI (email, web, VOIP dll), sekarang juga mengelola Sistem Informasi (SI) di UGM. Pengembangan SI termasuk development dan juga integrasi sistem2 yang ada.

Memberikan layanan Teknologi Informasi untuk universitas sebesar UGM itu susah-susah gampang.  Ada 60.000 mahasiswa (terbesar se Indonesia), 2500+ dosen, dan 4000+ staff karyawan. Diantara itu semua, memuaskan dosen, mungkin itu yang paling susah :).

Ketika diminta menahkodai PSDI, saya memulainya dengan mengkategorisasi layanan TI di UGM. Layanan dasar, yaitu jaringan dan Internet.  Layanan aplikasi, seperti email & web. Layanan inovasi, seperti Sistem Informasi.

Layanan dasar merupakan layanan yang kritis, putus dalam hitungan detik saja semua user tahu dan biasanya langsung bereaksi dan mengeluh. Internet juga sudah merupakan layanan yang take it for granted, atau normalnya ada. Akibatnya diperlakukan mirip listrik PLN, ketika lancar tidak ada yang mengapresiasi, ketika macet banyak yang notifikasi :D.

Email merupakan salah satu layanan aplikasi TI yang sangat penting. Email merupakan alat komunikasi utama dosen di dunia maya. Gangguan layanan selama beberapa saat (orde menit-jam), maka akan terasa. Permasalahan utama lain adalah spam. Tidak hanya mailbox user yang kemasukan spam, tapi juga akun yang terbajak yang kemudian digunakan untuk mengirimkan spam.

Dua layanan utama diatas harus distabilisasi agar UGM bisa melangkah ke penyediaan layanan yang lebih inovatif (web, sistem informasi dll).

Untuk meningkatkan kehandalan Internet, UGM melanggan 2 ISP yang berbeda: Telkom dan Lintas Artha. Satu provider merupakan backup yang lain. Selain itu masing2 provider menyediakan 3 jalur berbeda: 1 jalur internasional, 1 jalur nasional IIX (Indonesia Internet Exchange) dan CDN (Content Delivery Network untuk akses You Tube).

Langganan bandwidth  juga ditingkatkan seperti gambar dibawah.

 

 

 

 

 

 

Pada saat tulisan ini dibuat, posisi bandwidth di UGM adalah 800 Mbps. Banyak yang mengapresiasi peningkatan bandwidth ini secara pribadi, sangat menyenangkan tentunya 🙂

Selain itu UGM juga sedang dalam tahap membangun jalur redundan Fiber Optic di lingkungan kampus. Kita sudah mempunyai jaringan FO, tapi sudah cukup berumur (12 tahun), sehingga membutuhkan peremajaan dan backup. Peta jalur redundan bisa dilihat pada gambar dibawah.

 

 

 

 

 

 

Untuk meningkatkan kehandalan layanan email, tunggu tulisan berikutnya yang menceritakan kerjasama dengan Google.

About the author

widyawan administrator